Minggu, 04 April 2010

TIPS MENGETAHUI KEMURNIAAN BENSIN PREMIUM


Sebagian besar orang menggunakan bensin sebagai bahan bakar untuk transportasi. Buktinya, banyaknya orang yang telinganya merah akibat naiknya harga BBM khususnya bensin premium tersebut. Di sini sengaja membahas bensinnya premium bukan pertamax (hayo siapa yang pertamax..hehe) coz di sini blognya wong cilik..

Rugi berat jika kita menggunakan premium yang sudah terkontaminasi dengan zat lain atau partisi (halah pake bahasa apa tho) itu biasanya minyak tanah, solar, kerikil, batu bata, HP, air, (hehehehe)…Apalagi kalau belinya bensin premium di tukang eceran Mr. X, wah campur keringatnya dan gak 1 liter lagi (peace Mr. X), jan Kates (bhs jawanya pepaya) Jakarta alias payah..Huh..

Nah, ini tips cara mengetahui kadar bensin Premium tercampur dengan partisi lain yang dijual di Mr. X ato di SPBU atau pom bensin. Klo bensin tercampur kerikil, pasir apalagi kecampur batu bata ato truknya PERTAMINA jelas cetho mloho kan.. Cara ini tentunya yang terkontaminasinya bensin premium dengan minyak tanah atau sejenisnya yang tercampur secara homogen…

Saatnya serius..Ayo, mulai serius belajar Kimia, begini tips cara tahu bensin premium itu murni apa gak:

1. Siapkan sample bensinnya, ambil bensinnya klo bisa dari SPBU atau eceran jangan ambil dari sepeda motor atau dari mobil dengan sedeton apalagi pakai selang air..ntar ketelen lho..hehe..tapi pake pipet, biasanya dijual di apotek. Intinya bensinnya disiapkan ya pakai versinya blogger sendiri.

2. Wadahi tu bensin dengan wadah yang terbuat dari kaca jangan yang plastik nanti melarutkan plastiknya..panci juga boleh.hehehe..yang terpenting wadahnya gelas kaca, bersih and kering.

3. Biarkan beberapa hari atau beberapa jam di tempat terbuka supaya bensin itu menguap, tergantung volume bensinnya. Atau klo gak sabar ya panasin itu wadah dengan pemanas sedang saja mengingat bensin itu mudah menguap. Lebih bagusnya didiamkan saja sebentar ato beberapa jam. Lebih bagus lagi ditutup pakai alumunium foil terus dilubangin.

4. Nah, klo bensin sudah menguap. Amati dan telitilah (halah). Jika gak ada sisa diwadahnya berarti itu bensin murni. Klo ada sisanya berati ada campurannya. Jika campurannya minyak tanah atau tercampur solar maka akan terlihat karena titik didih bensin lebih rendah daripada minyak tanah atau solar. (paham gak ya?). ato lebih gampangnya bensin lebih menguap dari pada minyak tanah atau solar apalagi air.


Tips ini didasarkan pada teori dan prinsip destilasi minyak bumi, Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu.

Ini adalah tips yang sederhana jika lebih teliti lagi ya di laboratorium (seperti gambar di atas alatnya).

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar