Jumat, 21 Mei 2010

SUBULUSSALAM

Bantuan Dana Ekonomi Bergulir DisalurkanSUBULUSSALAM - Sedikitnya 120 masyarakat di lima desa dalam Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam menerima bantuan dana ekonomi bergulir dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM) perkotaan. Penyaluran bantuan tersebut dilakukan dalam sebuah acara yang digelar, Kamis (20/5) di Gedung Diniyah at Tarbiyah, Desa Cipare-Pare.

Kelima desa penerima dana bergulir masing-masing Desa Cipare-Pare, Lae Simolap, Namo Buaya, Cipare-Pare Timur dan Singgersing. Penyerahan bantuan dana secara simbolis ini dihadiri Camat Sultan Daulat, Tadin SH, Satker P2KP Abdul Kadir, para keuchik dan masyarakat penerima bantuan. Koordinator P2KP, Taufik mengatakan, hingga saat ini program dana bantuan PNPM di wilayahnya masih berjalan baik. Dia mengaku selama program ini dijalankan banyak warga yang dapat terbantu.

Camat Sultan Daulat, dalam arahannya mengatakan, bantuan dana ekonomi bergulir tersebut merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM Mandiri dalam upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja di wilayah perdesaan.

Selain itu, PNPM mandiri juga untuk memberdayakan masyarakat pedesaan agar lebih mandiri alias tidak ketergantungan. Lebih jauh dikatakan, masyarakat diberi kewenangan secara mandiri untuk berpartisipasi dalam menentukan dan mengelola kegiatan pembangunan secara swakelola. “Jadi, dalam program PNPM ini kita jangan hanya melihat dari sisi materi saja tapi program ini sesungguhnya mengajarkan masyarakat agar bisa mandiri,” kata Tadin

Karenanya Camat Tadin berharap agar masyarakat penerima bantuan tersebut memanfaatkan sebaik mungkin dana itu agar dapat meningkatkan taraf hidupnya. Pada bagian lain, camat mengingatkan para penerima bantuan bergulir jangan sampai tertunggak. Sebab, dana tersebut harus dikembalikan sesuai dengan mekanisme yang telah diatur. “jangan mentang-mentang bantuan pemerintah saudara sepele dan mengangggap kalau dana ini tidak perlu dikembalikan, ini saya ingatkan karena sering terjadi setiap bantuan pemerintah tidak dimanfaatkan dengan baik,” tegas Tadin.
subulussalam-sultan daulat-gunung bakti-indah bakti-safrizal

1 komentar: