Rabu, 12 Mei 2010

Gejala-Gejala Borok (Ulcer)


Gejala-gejala dari penyakit borok adalah beragam. Banyak pasien-pasien borok mengalami indigestion (salah cerna) yang minimal atau tidak ada ketidaknyamanan sama sekali. Beberapa melaporkan perasaan terbakar pada perut bagian atas atau nyeri lapar satu sampai tiga jam setelah makan dan ditengah malam. Gejala-gejala nyeri ini seringkali segera dihilangkan dengan makanan atau antacids. Nyeri dari penyakit borok berkorelasi buruk dengan kehadiran atau keparahan dari pemborokan aktif. Beberpa pasien-pasien mempunyai nyeri yang gigih bahkan setelah borok disembuhkan sepenuhnya dengan pengobatan. Lain-lain tidak mengalami nyeri sama sekali, meskipun borok-borok kembali. Borok-borok seringkali datang dan pergi secara spontan tanpa pernah diketahui oleh individu itu, kecuali komplikasi serius (seperti perdarahan atau perforasi) terjadi.Mendiagnosa Borok (Ulcer)
Diagnosis borok dibuat dengan barium upper GI x-ray (x-ray barium pencernaan bagian atas) atau endoskopi bagian atas (EGD-esophagogastroduodenoscopy). Barium upper GI x-ray adalah mudah dilakukan dan tidak melibatkan risiko atau ketidaknyamanan. Barium adalah senyawa berkapur yang dimasukan secara oral (mulut). Barium terlihat pada x- ray, dan memetakan lambung pada film x-ray. Bagaimanapun, barium x-rays adalah kurang akurat dan mungkin tidak mendeteksi borok-borok sampai 20% dari waktu pemeriksaan.

Endoskopi bagian atas adalah lebih akurat, namun melibatkan pemberian obat penenang pada pasien dan penyisipan dari tabung yang lentur melalui mulut untuk memeriksa lambung, esophagus (kerongkongan), dan duodenum. Endoskopi bagian atas mempunyai keuntungan tambahan dari memperoleh kemampuan mengangkat contoh-contoh jaringan yang kecil (biopsi-biopsi) untuk menguji infeksi H. pylori. Biopsi-biopsi dapat juga diperiksa dibawah mikoroskop untuk menyampingkan kanker. Sementara hampir semua duodenal ulcers adalah jinak (tidak berbahaya), gastric ulcers (borok-borok lambung) dapat adakalanya menjadi bersifat kanker. Oleh karenanya, biopsi-biopsi seringkali dilakukan pada gastric ulcers untuk menyampingkan kanker. Komplikasi-Komplikasi Borok (Ulcer)
Pasien-pasien dengan borok-borok umumnya berfungsi cukup nyaman. Beberapa borok-borok kemungkinan sembuh bahkan tanpa pengobatan-pengobatan. Oleh karenanya, persoalan-persoalan utama yang berakibat dari borok-borok dikaitkan dengan komplikasi-komplikasi borok. Komplikasi-komplikasi termasuk perdarahan borok, perforasi borok, dan rintangan lambung.

Pasien-pasien dengan perdarahan borok mungkin melaporkan tinja-tinja hitam seperti ter (melena), kelemahan, perasaan pingsan ketika berdiri (orthostatic syncope), dan memuntahkan darah (hematemesis). Perawatan awal melibatkan penggantian yang cepat dari kehilangan cairan-cairan tubuh secara intravena. Pasien-pasien dengan perdarahan yang gigih atau parah mungkin memerlukan transfusi-transfusi darah. Endoskopi bagian atas dilakukan untuk menegakan tempat pedarahan dan untuk menghentikan perdarahan borok yang aktif dengan bantuan dari alat-alat yang dipanaskan.

Ulcer perforation (perforasi borok) menjurus pada kebocoran dari isi lambung kedalam rongga perut (peritoneal), berakibat pada peritonitis akut (infeksi dari rongga perut). Pasien-pasien ini melaporkan penimbulan yang tiba-tiba dari nyeri perut yang ekstrim, yang diperburuk oleh segala tipe gerakan. Otot-otot perut menjadi kaku dan seperti papan. Operasi darurat biasanya diperlukan.

Pasien-pasien dengan rintangan perut seringkali melaporkan peningkatan nyeri perut, memuntahkan makanan yang tidak tercerna atau sebagian tercerna, nafsu makan yang berkurang, dan kehilangan berat badan. Rintangan biasanya terjadi pada atau dekat pyloric canal. Pyloric canal adalah bagian sempit yang alamiah dari lambung ketika ia bergabung dengan bagian atas dari usus kecil yang disebut duodenum. Endoskopi bagian atas adalah bermanfaat dalam menegakan diagnosis dan menyampingkan kanker lambung (gastric cancer) sebagai penyebab dari rintangan. Pada beberapa pasien-pasien, rintangan lambung dapat dihilangkan dengan tabung penghisap isi lambung untuk 72 jam, bersama dengan obat-obat anti-borok secara intravena, seperti cimetidine (Tagamet) dan ranitidine (Zantac). Pasien-pasien dengan rintangan yang gigih memerlukan operasi. Perawatan-Perwatan Yang Tersedia Untuk Borok-Borok Perut (Peptic Ulcers)
Tujuan dari perawatan borok adalah untuk menghilangkan nyeri dan untuk mencegah komplikasi-komplikasi borok, seprti perdarahan, rintangan, dan perforasi (pelubangan). Langkah pertama dalam perawatan melibatkan pengurangan faktor-faktor risiko (NSAIDs dan sigaret-sigaret). Langkah berikutnya adalah pengobatan-pengobatan.

Antacids menetralkan asam yang ada dalam lambung. Antacids seperti Maalox, Mylanta, dan Amphojel adalah perawatan-perawatan yang aman dan efektif. Bagaimanapun, aksi menetralkan dari agen-agen ini adalah berjangka pendek, dan pendosisan yang sering diperlukan. Magnesium yang mengandung antacids, seperti Maalox dan Mylanta, dapat menyebabkan diare, sementara agen-agen aluminum seperti Amphojel dapat menyebabkan sembelit. Borok-borok seringkali kembali ketika antacids dihentikan.

Studi-studi telah menunjukan bahwa protein dalam lambung yang disebut histamine menstimulasi sekresi asam lambung. Histamine antagonists (H2 blockers) adalah obat-obat yang dirancang untuk menghalangi aksi dari histamine pada sel-sel lambung, jadi mengurangi produksi asam. Contoh-contoh dari H2 blockers adalah cimetidine (Tagamet), ranitidine (Zantac), nizatidine (Axid), dan famotidine (Pepcid). Sementara H2 blockers adalah efektif dalam menyembuhkan borok, mereka mempunyai peran yang terbatas dalam menghapuskan H. pylori tanpa antibiotik-antibiotik. Oleh karenanya, borok-borok seringkali kembali ketika H2 blockers dihentikan. Umumnya, obat-obat ini ditolerir dengan baik dan mempunyai sedikit efek-efek sampingan bahkan dengan penggunaan jangka panjang. Pada kejadian-kejadian yang jarang, pasien-pasien melaporkan sakit kepala, kebingungan, kelesuan, atau halusinasi-halusinasi. Penggunaan kronis dari cimetidine mungkin jarang menyebabkan impoten atau pembengkakan payudara. Keduanya cimetidine dan ranitidine dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menangani alkohol. Pasien-pasien pada obat-obat ini yang meminum alkohol mungkin mempunyai tingkat-tingkat alkohol darah yang meninggi. Obat-obat ini mungkin juga mengganggu penanganan hati dari obat-obat lain seperti Dilantin, Coumadin, dan theophylline. Pengamatan dan penyesuaian yang seringkali dari dosis-dosis dari obat-obat ini mungkin diperlukan.

Proton-pump inhibitors seperti asomeprazole (Prilosec), lansoprazole (Prevacid), pantoprazole (Protonix), esomeprazole (Nexium), dan rabeprazole (Aciphex) adalah lebih kuat daripada H2 blockers dalam menekan sekresi asam. Proton-pump inhibitors yang berbeda-beda adalah sangat serupa dalam aksi dan tidak ada bukti bahwa yang satu lebih efektif daripada yang lainnya dalam menyembuhkan borok-borok. Sementara proton-pump inhibitors adalah sebanding dengan H2 blockers dalam keefektifannya dalam merawat borok-borok lambung dan duodenum, ia adalah lebih unggul dari H2 blockers dalam merawat borok-borok kerongkongan (esophageal ulcers). Borok-borok kerongkongan adalah lebih sensitif daripada borok-borok lambung dan duodenum pada jumlah-jumlah yang kecil dari asam. Oleh karenanya, penekanan asam yang lebih sepenuhnya yang dikerjakan oleh proton-pump inhibitors adala penting untuk penyembuhan borok kerongkongan. Proton-pump inhibitors ditolerir dengan baik. Efek-efek sampingan adalah tidak umum; mereka termasuk sakit kepala, diare, sembelit, mual dan ruam. Dengan menarik, proton-pump inhibitors tidak mempunyai segala efek pada kemampuan seseorang untuk mencerna dan menyerap nutrisi-nutrisi. Proton-pump inhibitors juga telah ditemukan adalah aman ketika digunakan jangka panjang, tanpa efek-efek merugikan kesehatan yang serius yang dilaporkan.

Sucralfate (Carafate) dan misoprostol (Cytotec) adalah agen-agen yang memperkuat lapisan perut terhadap serangan-serangan oleh getah pencernaan yang asam. Carafate melapisis permukaan borok dan memajukan penyembuhan. Pengobatan mempunyai sangat sedikit efek-efek sampingan. Efek-efek sampingan yang paling umum adalah sembelit dan gangguan penyerapan dari obat-obat lain. Cytotec adalah senyawa seperti prostaglandin yang biasanya digunakan untuk menetralkan efek-efek borok dari NSAIDs. Studi-studi menyarankan bahwa Cytotec mungkin melindungi lambung dari pemborokan pada merekan yang meminum NSAIDs pada basis yang kronis. Diare adalah efek sampingan yang umum. Cytotec dapat menyebabkan keguguran ketika diberikan pada wanita-wanita hamil, dan harus dihindari oleh wanita-wanita pada umur-umur untuk hamil.

Banyak orang-orang mengandung H. pylori dalam lambung-lambungnya tanpa pernah mempunyai nyeri atau borok-borok. Adalah tidak sepenuhnya jelas apakah pasien-pasien ini harus dirawat dengan antibiotik-antibiotik. Lebih banyak studi-studi diperlukan untuk menjawab pertanyaan ini. Pasien-pasien dengan penyakit borok dan infeksi H. pylori yang terdokumentasi harus dirawat dengan kombinasi-kombinasi antibiotik. H. pylori dapat sangat sulit dihapus/dibasmi sepenuhnya. Perawtan memerlukan kombinasi dari beberapa antibiotik-antibiotik, adakalanya dalam kombinasi dengan proton-pump inhibitor, H2 blockers atau Pepto-Bismol. Antibiotik-antibiotik yang umumnya digunakan adalah tetracycline, amoxicillin, metronidazole (Flagyl), clarithromycin (Biaxin), dan levofloxacin (Levaquin). Pembasmian H. pylori mencegah kembalinya borok-borok (persoalan utama dengan semua pilihan-pilihan perawatan borok lainnya). Pembasmian dari bakteri ini mungkin juga mengurangi risiko mengembangkan kanker lambung di masa depan. Perawatan dengan antibiotik-antibiotik membawa risiko reaksi-reaksi alergi, diare, dan adakalanya colitis (peradangan dari usus besar) parah yang diinduksi antibiotik.

Tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa pembatasan-pembatasan diet dan diet-diet lunak memainkan peran dalam penyembuhan borok. Tidak ada hubungan-hubungan yang terbukti yang ada antara penyakit borok perut dan pemasukan kopi dan alkohol. Bagaimanapun, karena kopi menstimulasi sekresi asam lambung, dan alkohol dapat menyebabkan gastritis, konsumsi alkohol dan kopi yang sedang seringkali direkomendasikan. Ringkasan
Dengan perawatan modern, pasien-pasien dengan penyakit borok dapat menjalankan kehidupan-kehidupan yang normal tanpa perubahan-perubahan gaya hidup atau pembatasan-pembatasan diet. Perokok-perokok sigaret telah ditemukan mempunyai komplikasi-komplikasi borok dan kegagalan perawatan yang lebih tinggi. Penghapusan bakteri H. pylori tidak hanya menyembuhkan borok-borok, namun juga mencegah kekambuhan dari penyakit borok.
Seperti yang diumumkan pada catatan dibawah halaman, semua informasi yang ada di website ini dimaksudkan sebagai pengetahuan umum untuk anda dan tidak dimaksudkan untuk mendiagnose dan merawat persoalan kesehatan dan penyakit tanpa konsultasi dengan dokter. Setidaknya anda dapat memberitahukan kepada dokter keluhan/gejala penyakit anda dan anda dapat mengerti tentang diagnose yang diberitahukan dokter kepada anda.

Selain itu dengan pengetahuan-pengetahuan yang anda dapat pada website ini, anda dapat mencegah penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat yaitu makanan dengan kalori tinggi, stres, merokok, konsumsi alkohol berlebihan dan tidak olahraga secara teratur.

Pengetahuan-pengetahuan ini juga dapat membantu anda menghemat biaya-biaya pemeriksaan labor dan alat-alat jika suatu saat anda jatuh sakit yaitu caranya dengan anda dapat mengetahui pemeriksaan labor dan alat-alat mana yang memang diperlukan dan mana yang berlebihan. Dengan terus meningkatnya biaya-biaya pemeriksaan labor dan alat-alat, maka pengetahuan-pengetahuan ini merupakan suatu kebijaksanaan yang menguntungkan untuk anda apalagi seringkali terjadi pada beberapa rumah sakit-rumah sakit (tentunya melalui dokter atau dokter jaga) yang menetapkan tanpa sadar atau dengan penuh kesadaran pemeriksaan-pemeriksaan baik labor maupun alat-alat yang berlebihan (tidak diperlukan).

Yang paling penting dari segala-galanya adalah anda menjalankan suatu gaya hidup sehat sejak anda masih muda dengan diet yang rendah kalori, menghindari makanan-makanan cepat saji, makan banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, tidak merokok, tidak minum alkohol berlebihan, tidak stres, berolahraga secara teratur. Ini dapat mencegah anda dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti penyakit jantung koroner, diabetes dan lain-lainnya. Seperti kata pepatah bahwa pencegahan adalah lebih baik daripada pengobatan.

Pada saat ini memang belum semua artikel sudah selesai dimuat di website ini, namun kami akan mengerjakan artikel-artikel lainnya secepat mungkin untuk ditempatkan pada website ini. Begitu juga dengan pengetahuan-pengetahuan yang telah ada akan kami aktualisasikan dengan pengetahuan-pengetahuan baru dari peneliti-peneliti bidang kesehatan.

Semoga pengetahuan-pengetahuan kesehatan dalam website ini bermanfaat bagi anda semua dan jika anda tidak menemukan dalam website ini artikel-artikel yang ingin anda ketahui, maka anda dapat mengirim permintaan anda ke alamat email kami, mudah-mudahan kami dapat secepatnya menempatkan artikel-artikel yang diminta anda pada website ini.

1 komentar:

  1. Seminole Hard Rock Hotel & Casino Columbus - MapYRO
    Casino 김제 출장마사지 - Columbus MapYRO 구미 출장샵 users 사천 출장마사지 can enjoy a 아산 출장안마 stay at Seminole Hard Rock Hotel & 이천 출장샵 Casino Columbus located at 1150 Seminole Drive in Columbus, OH.

    BalasHapus