Minggu, 21 Maret 2010



21 Maret 2010, 10:17
Tiga Truk Terperosok
Lintas Tapaktuan-Medan Lumpuh
Subulussalam
SUBULUSSALAM - Jalan negara yang menghubungkan Tapaktuan-Medan, Sumatera Utara lumpuh sejak pukul 11.00 WIB, Sabtu (20/3) kemarin, setelah tiga unit truk terperosok pada tanjakan tajam tingkat tiga, Desa Jambi Baru, Kecamatan Sultan Daulat, atau sekitar 40 kilometer dari Ibukota Subulussalam. Akibatnya, ratusan kendaraan dari kedua arah terperangkap di lokasi tersebut.

Informasi yang dihimpun Serambi menyebutkan, kemacetan terjadi bermula rusaknya satu truk tronton bermuatan tiang Wika Beton. Truk yang melaju dari arah Medan menuju Tapaktuan tersebut mundur ketika berada di tanjakan terjal tingkat tiga, sehingga bagian belakang terperosok ke berem jalan. Posisi truk bernopol BK 8139 DK itu dilaporkan berbentuk leter L yakni. Sehingga tidak dilewati kendaraan lainnya.

Selanjutnya, sebuah truk tronton lainnya plat BK 8314 BH yang diduga hendak membantu menarik tronton naas itu, ikut terseret ke sebelah kanan truk yang rusak. Lalu sebuah truk bernopol B 9825 UO bermuatan tandan buah segar (TBS) kelapa sawit yang datang dari arah Meulaboh, juga terperosok pada sebelah kanan jalan dari arah Tapaktuan.

Akibatnya, Ratusan kendaraan dari Medan menuju Tapaktuan maupun sebaliknya terperangkap di lokasi kejadian. Dikatakan, hanya kendaraan roda dua yang dapat melintas itupun dengan ekstra hati-hati karena celah yang tersisa tidak sampai satu meter. Menurut Sabaria, seorang warga setempat, sebenarnya di Desa Jambi, tepatnya simpang SMA Sultan Daulat arah transmigrasi ada jalan kelok yang tembus ke Lae Raso, Desa Singgersing. Namun, hanya kendaraan yang berbodi kecil saja yang dapat melintas. Pasalnya, ada badan jalan yang longsor di ruas yang berjarak sekira enam kilometer itu. “Memang ada jalan alternatif masuk dari simpang SMA dan keluarnya di Lae Raso, desa Singgersing tapi mobil kecil yang bisa lewat karena ada longsor,” ujar Sabar menambahkan. Hingga pukul 17.30 Wib, jalan tersebut belum juga bisa dilalui.(kh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar